Minuman yang menampilkan Jawa Barat harus dicoba untuk menyegarkan : HpSamsung

Resep makanan dan minuman Jawa Barat

 

Masakan Jawa Barat bisa menjadi alternatif mengidam ketika pandemi memaksa semua orang untuk tidak meninggalkan rumah. Tinggalkan saja liburan, di saat-saat seperti itu, pemerintah mendorong semua orang untuk tinggal di rumah demi kesehatan bersama.

 

Jika kita ingat, pada awal Maret 2019, dua orang Indonesia dinyatakan positif virus corona untuk pertama kalinya. Virus ini menyebar dengan cepat, bahkan hingga saat ini ketika vaksin sudah mulai menyebar, masih ada pembatasan di berbagai daerah.

 

Khusus untuk sektor pariwisata, beberapa tempat wisata juga mengharuskan wisatawan untuk membawa bukti dengan cepat dengan hasil negatif jika ingin pergi. Misalnya saja tempat wisata Kebun Raya Bogor yang merupakan salah satu objek wisata alam di Jawa Barat.

 

Membahas pariwisata tentu tidak lepas dari dapur tradisional daerah, misalnya Bogor yang terkenal dengan spons talas, mie kuning dan lumpia basah. Memasak bisa menjadi alternatif untuk mengidam.  Tidak perlu pergi jauh Anda  bisa memasak  resep makanan dan minuman Jawa Barat Anda sendiri  di rumah dengan  resep instan  .

 

Tahu Gezerot hingga Seblock, Jajanan Jajanan Jabar yang Sudah Tersebar di Seluruh Indonesia

Makanan ringan, juga dikenal sebagai makanan ringan, adalah jenis makanan yang biasanya dimakan di antara waktu makan. Makanan ini identik dengan porsi kecil dengan berbagai rasa. Namun bagi sebagian orang mungkin juga ada isian camilan, misalnya jajanan tradisional di Sablek, Bandang, Jawa Barat.

 

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan rasa pedas ini. Seblock  merupakan salah satu masakan tradisional Jawa Barat yang banyak digandrungi masyarakat. Siblock sendiri sudah ada di wilayah Saanjhoor sejak zaman kolonial. Elemen dasar utama Seblock adalah petasan. Bukan sembarang kerupuk, petasan menjadi ciri khas musang jeruk yang terbuat dari udang.

 

Sosis, bakso, kaki, quettaues, mie, dan jamur rembes sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk makanan yang satu ini. Cara mengolahnya cukup sederhana, pertama-tama Anda perlu menyiapkan bumbu basah, seperti bawang putih, bawang merah, pembusukan, kecap manis, paprika sesuai selera, paprika, daun jeruk, saus pedas, rasa, gula dan garam.

 

Haluskan semua bumbu menjadi satu, lalu tumis bumbu hingga harum. 250 ml. Tambahkan air, bertelur lalu goreng. Selain itu, tambahkan jati mustard, sosis, bakso, kaki, mie dan bahan lainnya sesuai selera. Terakhir, jadikan kerupuk udang jeruk sebagai ciri utama Seblock Bandung.

 

Meskipun resep di atas adalah resep seblock sederhana, Anda dapat menemukan beberapa variasi seblock lainnya dalam resep makanan dan minuman Jawa Barat  di  Internet.

 

T IDAK hanyalah Sablek, camilan tradisional Jawa Barat lainnya yang sederhana dan sangat mudah dibuat, bernama Tahu Gezrot. Seperti namanya, jajanan asli Desa Jticeng, Siledag, Kabupaten Sirebone ini terbuat dari Tahu Gembos. Selain selai tahu, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini.

 

Bahan sup siram coklat:

  1. 1/4 Gula Merah
  2. 2 sendok makan kecap manis
  3. Asam jawa berdasarkan selera
  4. Garam

 

Bumbu Uleg:

  1. Bawang putih
  2. Stevenot
  3. Paprika merah sesuai selera

 

Pertama-tama goreng tahu yang didayung sampai berwarna keemasan, lalu angkat. Gula merah, kecap manis dan asam, dan garam hingga 500 ml. Buat sup siram dengan merebusnya dalam air sampai semuanya tercampur. Rebus bawang putih, bawang merah, cabai sesuai selera.

 

Letakkan potongan tahu gembok di atasnya, siram dengan kuah cokelat di ujungnya. Aduk sampai semua tahu tertutup rempah-rempah, tahu guerrot siap dinikmati. Tahu Gazerot cocok untuk dinikmati kapan saja dan di mana saja.

 

Resep makanan Jawa Barat mudah dan cepat

Setelah membahas resep camilan, kini kita beralih ke resep makanan dan minuman Jawa Barat lainnya. Karakteristik orang Jawa Barat dapat sangat bervariasi, mulai dari sayuran yang dimodifikasi hingga daging.

 

Makanan pertama yang akan kita bahas adalah karedoc. Karedoc adalah salad ala Sundani itu sendiri. Berbeda dengan salad ala Barat yang menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebagai campuran, Cadek menggunakan saus kacang sebagai bumbu pelengkap.

 

Hampir mirip dengan pessel yang menampilkan Jawa tengah, bedanya Karedoc menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Karedoc sendiri terbagi menjadi 3 varietas, yaitu brinjal karedoc, leunca dan kacang panjang.

 

Sayuran yang digunakan untuk jenis leunca cardeoc tentu saja buah lunca. Biasanya dipilih buah leunca yang masih hijau atau belum terlalu matang. Sedangkan pada varietas brinjal karedoc, potongan brinjal mentah merupakan bahan utama yang dicampur dengan tauge dan kol.

 

Akhirnya, karidoc kacang panjang, jenis kaedoc ini, didominasi oleh mentimun bersama dengan isian kacang pintu. Dalam evolusi waktu, karedocs yang diisi cradock juga beradaptasi dengan selera masyarakat sekitar.  Oleh karena itu tidak mengherankan jika di beberapa daerah di Indonesia, karedoc juga dicampur dengan sayuran dan petasan lainnya.

 

Saat Anda mencari resep makanan dan minuman Jawa Barat  di Internet,  makanan yang resepnya wajib dipamerkan adalah Satte Maranggi. Sepintas, setae daging sapi ini tidak berbeda dengan satae lainnya, bedanya satae ini melalui proses rendaman yang panjang untuk menghasilkan yang berair, empuk dan beraroma.

 

Bahan utama dalam pembuatan saata ini tentu saja daging sapi dipotong menjadi kotak yang lebih kecil. Anda juga bisa menambahkan lemak sapi untuk menambah aroma sata saat dipanggang. Kemudian siapkan rendaman di bawah ini.

 

  1. 1/4 g gula merah atau gula ungu.
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 Dapatkan Charlotte
  4. 3 Bagian jari jahe
  5. 3 segmen pipi jari
  6. Air asam sesuai selera
  7. Garam
  8. Kuning telur

 

Bersihkan semua bumbu di atas lalu oleskan pada daging sapi yang sudah retak. Ditutupi dengan daun pepaya, diamkan selama 3-4 jam sampai rempah-rempah benar-benar terserap. Jangan lupa juga untuk menyiapkan sambal untuk mengoleskan sata, yaitu paprika, tomat, dan garam sesuai selera.

 

Panggang sata daging sapi di atas arang sambil membakarnya, jangan dibakar bolak-balik. Obati dengan chilli chutney, nasi, atau nasi cawan halal. Maranggi saate ala Sundanis siap anda nikmati, hidangan ini cocok disantap saat panas.

 

Minuman yang menampilkan Jawa Barat harus dicoba untuk menyegarkan

Makan tujuh malam cocok dengan minuman rempah-rempah tradisional Jawa Barat yang disebut Bandrek. Bendrec sendiri selalu masuk dalam jajaran resep makanan dan minuman Jawa Barat.  Konon minuman ini berasal dari penduduk Dataran Tinggi, Jawa Barat.

 

Dataran tinggi identik dengan suhunya yang dingin, dan minuman berbasis jahe ini digunakan oleh orang-orang di sekitarnya untuk menghangatkan tubuh mereka. Anda yang ingin mencoba Banderek tidak perlu pergi ke pelosok Jabar untuk menikmatinya.

 

Siapkan jahe busuk, gula merah, dan kayu manis dan buat bandrack sendiri di rumah. Rebus ketiga bahan tersebut bersama-sama saat panas. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti telur ayam desi, serai, kapulaga, dan lainnya untuk menambah rasa.

 

Beranjak dari minuman hangat, Jawa Barat juga memiliki minuman spesial yang menyegarkan saat terkena terik sinar matahari, yang diberi nama Ace Sindol. Berbeda dengan kembarannya, es pesta yang terbuat dari tepung beras, S. sindol, yang resepnya  bisa Anda lihat di buku resep makanan dan minuman Jawa Barat, terbuat dari tepung hunkway atau tepung kacang hijau.

 

Tepung hankway yang dimasak hingga mengental dengan menambahkan air dari daun pandan mengekstrak air untuk mewarnai daun semolina, sedikit pati, air putih, dan garam sesuai selera. Saat mengental Anda bisa mencetak sindol menggunakan filter dan air es.

 

Rebus juga santan, daun pandan, sedikit garam untuk sindol. Sebagai pelengkap dan penambah rasa manis Anda bisa menggunakan campuran gula merah dan air yang sudah matang hingga sedikit mengental. Jangan lupa untuk menambahkan es batu dan Sindol siap untuk dinikmati.

 

Resep makanan dan minuman Jawa Barat yang lebih mudah dan cepat

Selain makanan dan minuman yang disebutkan di atas, Jawa Barat memiliki menu lain yang pastinya bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Salah satunya adalah Cambro atau Oncom DiJero (inner Oncom).

 

Seperti namanya, terbuat dari oncom untuk mengisi makanan sedangkan kulit luarnya terbuat dari singkong tumbuk. Cara memasaknya sangat mudah, siapkan beberapa bahan untuk tepung eksternal di bawah ini.

 

  1. 1 kg haluskan singkong
  2. Kelapa parut setengah tua
  3. Garam
  4. Bawang putih 3 siung
  5. Bawang Merah 3 Panjang
  6. Kencing bagian 1 jari

 

Sejauh menyangkut pengisian combro, gunakan bahan-bahan di bawah ini.

  1. Oncom
  2. Bawang dan bawang putih adalah 5-5 siung.
  3. Paprika merah sesuai selera
  4. Lada hitam, garam, gula secukupnya
  5. Daun bawang dan CaymanGi

 

Pertama-tama Anda perlu mengisi oncom dengan memanggang semua bahan untuk diisi sampai menjadi harum. Sambil menunggu isiannya sedikit dingin, buat kulit luar dengan melembutkan bawang putih dan bawang bombay. Campur dengan singkong dan kelapa parut.

 

Ambil 1-2 sendok makan tepung luar, lalu isi dengan oncom, bentuk menjadi bola. Lakukan ini berulang-ulang sampai adonan hilang. Panaskan minyak goreng dan goreng sampai combro berubah warna menjadi kuning keemasan.

 

Selain Cambro, orang Jawa Barat lainnya memiliki lotek, tahu paps, pesmol nila, nasi tarik oncom dan masih banyak lagi. Untuk minuman ada es oyen, es tenggelam, spice beer, dan lain-lain. Semua resep makanan dan minuman tradisional Jawa Barat dapat dengan mudah ditemukan di Internet dan buku resep.

Read More :